Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 51
Pengunjung Bulan ini : 357
Total Pengunjung : 1651

MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN BUDIDAYA LELE

Tanggal : 23 Nov 2017 08:15 Wib



Persiapan Budidaya Ikan lele

Pilih Jenis Ikan Lele yang Mudah
Dewasa ini, banyak pembudidaya ikan lele yang beralih ke jenis ikan Lele Dumbo jenis Sangkuriang. Lele yang satu ini berhasil mencuri hati para pelaku budidaya karena memiliki beberapa keistimewaan.

Kelebihan Lele Sangkuriang

  • Produktivitas jenis lele Sangkuriang terbilang tinggi.
  • Kualitas daging yang lebih empuk
  • Lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  • Teknik budidayanya pun tidak terlalu sulit, asalkan mau belajar dan menekuninya dengan sabar.

Usaha pembesaran ikan lele merupakan budidaya yang paling mudah dilakukan. Anda tidak perlu menyiapkan lahan luas untuk bisa menjalankan budidaya pembesaran ikan lele. Selain itu, pemeliharaannya mudah dan tidak perlu menunggu lama untuk panen.

1. Perhatikan Syarat Hidup Ikan Lele

Ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah dipelihara. Kondisi air seperti apapun dapat dijadikan media pembesaran ikan lele. Tunggu dulu, bukan berarti Anda mengabaikan kualitas airnya. Justru, semakin baik kualitas air maka semakin baik pula pertumbuhan ikan lele.

  • Suhu
    Menurut Debby Ratnasari (2011), ikan lele dapat hidup pada suhu 26-32oC. Jika suhunya terlalu rendah, maka akan mengganggu proses pencernaan makanan pada ikan lele. Sebaliknya, apabila suhunya tinggi (hangat), pencernaan makanan pada ikan lele akan berlangsung cepat.
  • Lokasi
    Soal syarat lokasi budidaya, tidak ada ketentuan khusus. Ikan lele dapat hidup di segala tempat, termasuk yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Hal yang harus Anda perhatikan benar-benar selain suhu, yaitu pH. Kondisi tempat harus berada dalam kisaran pH 7-8.

2. Membuat Kolam Untuk Pembesaran

Kolam untuk pembesaran ikan lele tidak serumit dan seluas kolam pembenihan. Anda cukup menyiapkan kolam 5×2 meter untuk menampung kurang lebih 1000 ekor benih ikan lele. Jika ukuran kolam lebih dari itu, hitung saja menggunakan syarat minimal daya tampung per-meter kolam.

Setiap per-meter persegi kolam pembesaran dapat menampung kurang lebih 100 ekor benih ikan lele.

Jadi, kalau ukuran kolam yang Anda buat adalah 7×4 meter, berarti bisa menampung sekitar 2000 ekor ikan lele. Sebaiknya, jangan terlalu padat karena akan mudah terserang penyakit.

Kolam yang digunakan dalam pembesaran ikan lele banyak jenisnya, yaitu kolam terpal, kolam semen dan kolam tanah. Dari ketiga bahan pembuat kolam tersebut, jenis kolam terpal merupakan yang paling murah.

Di samping itu, kolam terpal mudah dalam pembuatannya, praktis dan produktivitas ikan lele tetap tinggi. Dilihat sepintas, kolam tanah mungkin lebih murah karena bisa mengurangi biaya pakan ikan lele. Namun, bahaya hama dan penyakit jauh lebih rentan di kolam tanah sehingga hasilnya tidak optimal.

Lalu, bagaimana cara membuat kolam terpal yang baik?

  • Pertama, Anda harus menyiapkan terpal khusus untuk budidaya lele. Harga terpal di pasaran sekarang sekitar Rp9000 per-meter. Jika Anda ingin membuat kolam ukuran 10×5 meter, berarti hanya mengeluarkan biaya Rp.450.000.
  • Langkah kedua, dasar kolam sesuai ukuran kolam yang diinginkan. Untuk para pemula, sebaiknya menggunakan ukuran kolam 5×2 meter supaya ketika mengalami kegagalan tidak mengalami kerugian besar.
  • Ada dua jenis dasar kolam yang bisa Anda pilih, yaitu dasar kolam dengan menggali tanah dan di permukaan tanah. Sebaiknya, Anda memakai dasar kolam dengan menggali tanah agar tidak mengalami kesulitan ketika pemberian pakan.
  • Galilah tanah sedalam 70 cm sampai dengan 1 meter. Lalu, letakan tanah hasil galian di bibir kolam sebagai tanggul setinggi 30-50 cm agar kolam tidak mudah jebol.
  • Selanjutnya, buatlah beberapa reng dari bambu (seperti pagar) yang disusun di atas tanggul kolam setinggi kurang lebih 35 cm. Untuk bagian sudut kolam, gunakan potongan bambu utuh (jangan dibelah). Jadi, tinggi kolam nantinya sekitar 125-130 cm.


Kegiatan Desa Lainnya

KEGIATAN PEMBINAAN KREATIFITAS PEMUDA / KARANG TARUNA MENUJU GENERASI PENERUS BANGSA.

Tanggal : 01 Oct 2018 00:49 Wib

KEGIATAN PEMBINAAN KREATIFITAS PEMUDA / KARANG TARUNA MENUJU GENERASI PENERUS BANGSA.

KEGIATAN PEMBINAAN KADER POSYANDU MENUJU KERAMAS YANG SEHAT DAN SEJAHTERA

Tanggal : 28 Sep 2018 04:30 Wib

KEGIATAN PEMBINAAN KADER POSYANDU MENUJU KERAMAS YANG SEHAT DAN SEJAHTERA

KEGIATAN PEMBINAAN LINMAS MENUJU KERAMAS YANG AMAN DAN KOONDUSIF

Tanggal : 27 Sep 2018 04:38 Wib

KEGIATAN PEMBINAAN LINMAS MENUJU KERAMAS YANG AMAN DAN KOONDUSIF

KEGIATAN PELATIHAN TATA RIAS / SALON 2018

Tanggal : 27 Apr 2018 03:16 Wib

KEGIATAN PELATIHAN TATA RIAS / SALON 2018

PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN ( PMT ) KEPADA BAYI DAN BALITA 2018

Tanggal : 27 Apr 2018 02:51 Wib

PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN ( PMT ) KEPADA BAYI DAN BALITA 2018